Senin, 30 Juli 2012

STOP your load shut up #Part I


Bimillahirrahmanirrahim...
Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah swt, kita masih diberi kesempatan untuk melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Puasa (Ash Shiyam), secara lughah (bahasa), ialah menahan diri dari sesuatu dan meninggalkan sesuatu.

Firman Allah swt dalam surah Maryam ayat 26, “sesungguhnya aku bernadzar shaum karena Allah”.

pada istilah ulama Syara’ dalam kitab Subulussalam II : 206,
menahan diri dari makan, minum, jima’ dan lain-lain yang telah diperintahkan kita menahan diri daripadanya sepanjang hari menurut cara yang di syari’atkan. Disertai pula menahan diri dari perkataan sia-sia, perkataan yang merangsang, perkataan yang diharamkan dan dimakruhkan menurut syarat-syarat yang telah ditetapkan dan waktu yang telah ditentukan

Kesimpulannya, puasa itu bukan hanya untuk menahan syahwat perut dan syahwat kelamin, akan tetapi untuk melatih diri dan mengendalikan diri dari hawa nafsu. Salah satunya, mengendalikan diri dari amarah. Bukan berarti karena marah puasa kita batal Lho..tapi hanya kurang berkah.. :D

Cukup sekian intermezonya, sekarang kita masuk ke inti postingan ini...heeehe

Stop your load shout Up”, hentikan suara kerasmu, yang aku maksud disini “tahan amarah” karena biasanya orang yang marah itu meninggikan volume suaranya walaupun gak semuanya...heehe. yasudahlah itu kan hanya judul postingan biar kereen ajah pake inggris-inggrisan..wkwkwk

Kenapa sih harus tahan amarah?! Wajar donk kalau kita marah apalagi kalau ada yang bikin kesel, hufhh.., manusia gak ada yang sempurna semua pasti pernah khilaf. Yupz, betul sekali kita tak lepas dari khilaf termasuk tahan amarah. Eittsss...ada tapi nya neyhh... Jika kamu termasuk orang yang bertaqwa, harus menahan amarah. Gak percaya?! Mau bukti konkrit..??!! yuk buka Al-qur’an surat Al-Imran ayat 133-134. Gak bawa Al-qur’an? Simak artinya di bawah ini yaa... :D

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhammu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi; yang disediakan untuk orang-orang bertaqwa(Qs. 3:133). “(yaitu) orang-orang yang menafkahkan hartanya, baik diwaktu lapang maupun di waktu sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang lain. Allah menyukai orang-orang berbuat kebajikan.”(Qs. 3:134)

Nah sekarang kamu sudah tahu kan..^^b. Al-qur’an sebagai petunjuk sekaligus peringatan, rambu-rambu buat kita menuju jalan Allah. Tahan amarahmu niscaya Allah akan mengisi dadamu dengan limpahan iman. Sabda Rasulullah saw “Barang siapa menahan amarahnya pada hal ia berkuasa melampiaskannya, diisi dadanya oleh Allah dengan iman dan rasa aman...”.

Apa yang kita lakukan adalah ibadah, mau tahu asal hukum ibadah?...neyh aku kasih tahu lagi, hukum asal ibadah yang selama ini aku pelajari ialah “Gak boleh, kecuali ada perintah”. Sudah jelas dari Alqur’an dan Sunnah bahwa kita harus menahan amarah. Beda lagi neyh kalau hukum asal jual beli “Boleh, kecuali yang dilarang”, nikah termasuk jual-beli Lho...*ups bahasnya nanti ajah ya.. :p.

Apalagi sekarang bulan suci Ramadhan, kita juga harus tahan amarah agar lebih berkah. Bukan di Ramadhan ajah sih..tapi disepanjang perjalanan hidup kita, se-besar or se-kecil apapun kesalahan orang lain pada kita. 
Lho?! Kita marah kan karena orang lain berbuat salah pada kita, jadi harusnya yang disalahkan itu orang yang membuat kesalahan donk?! Betul sekali..tapi of course ada tapi nya lagi... apakah kesalahan itu akibat orang tersebut melanggar perintah Allah atau bukan? Jika benar, biarlah Allah yang menghukumnya. Jika bukan, itu adalah cobaan dari Allah untuk menguji kesabaranmu, sejauh mana kamu bisa menahan amarahmu. INGAT...hadist Nabi, “Ash Shaumu Nishfush Shabri” dan “Ash Shabru Nisful Iman”, Puasa itu seperdua shabar dan shabar itu seperdua Iman. Dan Allah berfirman, “hanya orang-orang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas” (Qs. Az-Zumar(39) : 10)

Lanjut ke part II yukk...

Kenapa Allah menyuruh kita menahan amarah
Bagaimana cara mengatasi Amarah menurut Rasulullah, Plus Tips dari aku :p (bonus) haha
And Apa balasan dari Allah....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for coming^^